Jenis Penyakit dan Kelainan pada Tulang

Tulang merupakan alat gerak pasif pada manusia. Tulang juga berperan dalam memberi bentuk tubuh. Namun, tulang dapat mengalami penyakit dan kelainan yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi tulang.

Berikut jenis penyakit dan kelainan pada tulang.

1. Osteporosis
Osteoporosis merupakan kondisi berkurangnya kemampuan tulang yang disertai dengan rusaknya struktur tulang sehingga tulang mudah patah dan menjadi rapuh. Osteoporosis dapat menyerang seseorang pada usia tua, baik pria mau pun wanita. Penyebab osteoporosis adalah gangguan yang terjadi pada metabolisme tulang, yaitu sel penghancur tulang bekerja lebih banyak daripada kerja sel pembentuk tulang. Hal ini dapat menyebabkan tulang menjadi keropos. Osteoporosis bisa terjadi akibat proses penuaan yang disertai dengan kurangnya asupak kalsium, kekurangan vitamin D dan penurunan hormon.

2. Kanker tulang
Kanker tulang adalah suatu kondisi di mana terjadi pertumbuhan sel yang tidak normal pada tulang. Jenis kanker tulang ada 2, yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang dikatakan kanker tulang primer bila sel kanker berasal dari tulang. Kanker tulang dikatakan kanker tulang sekunder bila sel kanker berasal dari atau menyebar selain dari sel tulang.

3. Layuh semu
Layuh semu terjadi akibat adanya kerusakan pada cakra epifisis yang disebabkan oleh infeksi sifilis pada anak semenjak masih ada di dalam kandungan. Cakra epifisis merupakan daerah pertumbuhan pada tulang panjang. Kerusakan cakra epifisis dapat mengakibatkan tulang layuh atau tidak bertenaga.

4. Kelainan tulang punggung
Kelainan tulang punggung disebabkan oleh posisi duduk atau posisi tubuh yang kurang tepat pada masa pertumbuhan anak. Bila tulang belakang melengkung ke samping, maka kelainannya disebut skoliosis. Bila tulang belakang melengkung ke belakang, disebut kiosis. Bila tulang belakang melengkung ke depan, disebut lordosis.

5. Kelainan sejak lahir
Kelainan sejak lahir merupakan kelainan sejak berada di dalam kandungan. Kelainan tersebut dapat berupa kaki yang berbentu X atau O. Penyebab dari kelainan tersebut dapat berupa makanan yang dimakan oleh si ibu kekurangan zat kapur dan vitamin D, si ibu terjatuh saat hamil atau bisa juga karena faktor keturunan.

Itulah jenis penyakit dan kelainan yang dapat teradi pada tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>